Kamis, 24 November 2016

Memahami Dunia Pertandingan Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga populer di dunia. Dalam pertandingan, olahraga sepak bola dimainkan oleh 2 (dua) kelompok berlawanan yang masing-masing berjuang untuk memasukkan bola ke gawang kelompok lawan bermain. Masing-masing kelompok ditetapkan beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain, dan karenanya kelompok ini lazim juga dinamakan sebegai team kesebelasan.

Memahami Dan Mengenal Lebih Dekat Dunia Sepak Bola

Peraturan Pertandingan Sepak Bola
Dalam pertandingan sepak bola ada peraturan-peraturan yang wajib diketahui dan atau dijalankan selama berlangsungan pertandingan. Peraturan resmi permainan sepak bola sering disebut dengan nama Laws of the Game, dimana peraturannya terdiri dari:

a) Peraturan 1 tentang lapangan sepak bola;
b) Peraturan 2 tentang bola yang dipergunakan;
c) Peraturan 3 tentang jumlah pemain;
d) Peraturan 4 tentang peralatan atau atribut bagi para pemain;
e) Peraturan 5 tentang Wasit atau pengadil pertandingan;
f) Peraturan 6 tentang Asisten wasit;
g) Peraturan 7 tentang Lama Permainan;
h) Peraturan 8 tentang Memulai dan Memulai Kembali Permainan bola;
i) Peraturan 9 tentang Bola Keluar dan di Dalam Lapangan;
j) Peraturan 10 tentang Cara Mendapatkan Angka (gol);
k) Peraturan 11 tentang Offside;
l) Peraturan 12 tentang Pelanggaran;
m) Peraturan 13 tentang Tendangan Bebas;
n) Peraturan 14 tentang Tendangan penalti;
o) Peraturan 15 tentang Lemparan ke dalam;
p) Peraturan 16 tentang Tendangan Gawang;
q) Peraturan 17 tentang Tendangan;

Selain peraturan-peraturan yang kami sebuatkan di atas, keputusan Badan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) lainnya turut menambah peraturan dalam pertandingan sepak bola. Peraturan-peraturan lengkapnya dapat ditemukan di situs atau web resmi FIFA.

Tujuan Permainan Sepak Bola
2 (dua) tim yang bertanding masing-masing terdiri dari 11 orang bertarung untuk memasukkan sebuah bola bundar ke gawang lawan (lazim disebut “mencetak gol”). Tim yang berhasil mencetak lebih banyak gol adalah dinyatakan sebagai pemenang (biasanya dalam jangka waktu 90 menit ( 2 x 45 menit), tetapi ada cara lain untuk menentukan pemenang jika hasilnya masih berimbang atau seri) makan akan diadakan pertandingan dengan pertambahan waktu 2 x 15 menit dan apabila dalam pertambahan waktu hasilnya masih juga seri maka akan diadakan tendangan adu penalti yang setiap timnya akan diberikan sebanyak 5 (lima) kali kesempatan untuk menendang bola ke arah gawang dari titik penalty yang berada di dalam daerah atau area kiper hingga hasilnya bisa ditentukan dan mendapatkan pemenangnya.

Peraturan lain yang sangat penting dalam mencapai tujuan pertandingan sepak bola adalah para pemain (kecuali penjaga gawang) tidak boleh menyentuh bola dengan tangan mereka selama masih dalam permainan bola.

Taktik dan Formasi Permainan Bola
Taktik yang biasa atau lazim dipergunakan oleh klub-klub sepak bola diseluruh dunia adalah sebagai berikut:
- pola formasi 4-4-2 (taktk klasik dengan menggunakan empat skipper);
- 4-4-2 (dengan memakai dua sayap);
- taktik sistem 4-4-1-1;
- sistem 4-2-4;
- sistem 4-3-2-1;
- taktik 4-3-1-2;
- taktik 4-5-1;
- taktik 4-3-3;
- taktik 4-2-3-1;
- taktik 4-3-3;
- taktik 4-1-4-1;
- taktik 3-4-3;
- taktik 3-5-2 dengan libero;
- taktik 3-5-2 tanpa libero;
- taktik formasi 3-6-1;
- taktik dengan formasi 5-4-1;

pola formasi atau taktik yang akan dipakai sebuah tim selalu berubah tergantung dari kondisi dan dinamika yang terjadi selama permainan bola berlangsung. Pada intinya, ada 3 (tiga) taktik yang lazim digunakan yaitu => 1) taktik bertahan, 2) taktik menyerang, dan 3) taktik normal.

Official Pertandingan Bola
Sebuah pertandingan diperintah oleh seorang wasit yang mempunyai wewenang dan hak penuh untuk menjalankan pertandingan sesuai dengan “Peraturan Permainan Bola” dalam suatu pertandingan yang telah diutuskan kepadanya (lihat Peraturan 5), dan keputusan-keputusan pertandingan yang dikeluarkannya dianggap sudah final dan tidak bisa diganggu gugat.

Dalam pertandingan, sang wasit dibantu oleh 2 (dua) orang asisten wasit (dulu dipanggil hakim garis atau penjaga garis). Dalam banyak pertandingan wasit juga dibantu seorang ofisial ke-empat yang dapat menggantikan seorang ofisial lainnya jika diperlukan. Selain itu para wasit ini juga membutuhkan alat-alat bantu untuk membantu jalannya petandingan seperti: papan pengganti pemain, meja dan kursi untuk tim.

Setiap tim maksimal memiliki sebelas pemain, salah satunya haruslah penjaga gawang. Kadang-kadang ada peraturan kejuaraan yang mengharuskan jumlah minimum pemain dalam sebuah tim (biasanya delapan).

Khusus pemain bola untuk sang penjaga gawang diperbolehkan untuk mengambil bola dengan tangan atau lengannya dalam kotak penalti di depan gawangnya. Sementara untuk para pemain lainnya dalam kedua tim dilarang untuk memegang bola dengan tangan atau lengan mereka, ketika bola masih dalam waktu permainan. Namun, boleh menggunakan bagian tubuh lainnya. Pengecualian terhadap peraturan ini berlaku ketika bola ditendang keluar melewati garis dan lemparan dalam dilakukan untuk mengembalikan bola ke dalam permainan.

Sejumlah pemain (jumlahnya berbeda tergantung liga dan negara) dapat digantikan oleh pemain cadangan pada masa permainan. Alasan umum digantikannya seorang pemain adalah disebabkan terjadinya cedera, keletihan, kekurangefektifan, perubahan taktik atau strategi, atau untuk membuang sedikit waktu pada akhir sebuah pertandingan. Dalam pertandingan standar, pemain yang telah diganti tidak boleh kembali bermain dalam pertandingan tersebut.

Lapangan Permainan Bola
Ukuran lapangan standar => Lapangan yang digunakan biasanya adalah lapangan rumput yang berbentuk persegi empat. Dengan panjang 100-110 meter dan lebar 64-75 meter. Pada kedua sisi pendek, terdapat gawang sebesar 24 x 8 kaki, atau 7,32 x 2,44 meter.

Lama Waktu Permainan
Lama waktu permainan dalam pertandingan sepak bola normal adalah 2x45 menit, ditambah dengan adanya waktu istirahat selama 15 menit (kadang-kadang 10 menit). Jika kedudukan masih sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2x15 menit, hingga didapat pemenang, namun jika sama kuat maka diadakan adu penalti.

Lama permainan standar sebuah pertandingan bola untuk orang dewasa terdiri dari dua babak yang masing-masing babak sepanjang 45 menit. Umumnya terdapat masa istirahat 15 menit di antara kedua babak tersebut.

Selanjutnya, perpanjangan waktu dan adu penalti sering kita lihat, dimana kebanyakan pertandingan biasanya berakhir setelah kedua babak tersebut, dengan sebuah tim memenangkan pertandingan atau berakhir seri. Meskipun begitu, beberapa pertandingan, terutamanya yang memerlukan pemenang mengadakan babak tambahan yang disebut perpanjangan waktu kala pertandingan berakhir imbang: dua babak yang masing-masing sepanjang 15 menit dimainkan. Hingga belum lama ini, IFAB telah mencoba menggunakan beberapa bentuk dari sistem pertandingan bola yang dikenal dengan nama “sudden death”, namun sistem ini kini tidak digunakan lagi.

Jika hasilnya masih imbang setelah perpanjangan waktu, beberapa kejuaraan mempergunakan sistem adu penalti untuk menentukan sang pemenang. Ada juga kejuaraan lainnya yang mengharuskan pertandingan tersebut untuk diulangi.
Perlu diperhatikan bahwa gol yang dicetak sewaktu babak perpanjangan waktu ikut dihitung ke dalam hasil akhir, berbeda dari gol yang dihasilkan dari titik penalti yang hanya digunakan untuk menentukan pemenang pertandingan.

Wasit Penentu Waktu Resmi
Wasit yang memimpin pertandingan bola sejumlah 1 orang dan dibantu 2 orang sebagai hakim garis. Kemudian dibantu wasit cadangan yang membantu apabila terjadi pergantian pemain dan mengumumkan adanya tambahan waktu. Pada Piala Dunia yang baru-baru diselenggarakan, digunakan offisial ke-lima.

Pada akhir 1990-an, IFAB mencoba membuat pertandingan lebih mungkin berakhir tanpa memerlukan adu penalti, yang sering dianggap sebagai cara yang kurang tepat untuk mengakhiri pertandingan. Contohnya adalah sistem gol perak yang mengakhiri pertandingan jika sebuah gol dicetak pada perpanjangan waktu pertama, dan gol emas yang mengakhiri pertandingan jika sebuah gol dicetak pada perpanjangan waktu kedua. Namun kedua sistem ini telah dihentikan oleh IFAB.

Pada kejuaraan internasional terbesar dalam dunia sepak bola semisalnya Piala Dunia yang diselenggarakan oleh Fédération Internationale de Football Association. Piala Dunia diadakan setiap 4 (empat) tahun sekali. Lebih dari 190 tim nasional (timnas) sebuah negara bertanding di turnamen kualifikasi regional untuk sebuah tempat di babak final. Turnamen babak final yang berlangsung selama empat minggu kini telah melibatkan 32 timnas (naik dari 24 pada tahun 1998).

Berikut ini akan kami sebutkan kejuaraan sepak bola internasional besar di setiap benua adalah:
- Eropa => Piala Eropa atau dikenal dengan nama Euro;
- Amerika Selatan => Copa America;
- Afrika => Piala Afrika;
- Asia => Piala Asia;
- Amerika Utara => Piala Emas CONCACAF;
- Oseania => Piala Oseania;

Ajang tingkat klub terbesar di Eropa adalah Liga Champions, sementara di Amerika Selatan adalah Copa Libertadores. Sementara untuk wilayah Asia, Liga Champions Asia adalah turnamen tingkat klub terbesar.

Pertandingan sepak bola sudah dimainkan di Olimpiade sejak tahun 1900 (kecuali pada Olimpiade tahun 1932 di Los Angeles). Awalnya ini hanya untuk pemain-pemain amatir saja, namun sejak Olimpiade Los Angeles 1984 pemain profesional juga sudah mulai ikut bermain, disertai peraturan yang mencegah negara-negara daripada memainkan tim terkuat mereka. Pada saat ini, turnamen Olimpiade untuk pria merupakan turnamen U-23 yang boleh ditamnbahi beberapa pemain di atas umur. Akibatnya, turnamen ini tidak mempunyai kepentingan internasional dan prestise yang sama dengan Piala Dunia, atau bahkan dengan Euro, Copa America atau Piala Afrika. Sebaliknya, turnamen Olimpiade untuk wanita membawa prestise yang hampir sama seperti Piala Dunia Wanita FIFA; turnamen tersebut dimainkan oleh tim-tim internasional yang lengkap tanpa ada batasan umur pemain.

Mudah-mudahan tulisan yang membahas tentang seputar dunia sepak bola dan hal-hal yang berhubungan dengan pertandingan sepak bola ini dapat bermanfaat bagi siapa saja dan terbaca di seo bola google oleh anda para permerhati dunia persepakbolaan, sehingga andapun dapat lebih memahami dan mengenal dunia sepak bola lebih baik lagi. Sekian dan terima kasih.