Rabu, 30 November 2016

Peran Seo Untuk Forum Komunitas Pertanian Indonesia

SEO yang jago telah dimanfaatkan berbagai forum-forum komunitas terkait pertanian Indonesia, peternakan Indonesia dan perkebunan Indonesia, sehingga para pengguna internet di seluruh dunia dapat dengan mudah berkontribusi dalam setiap kegiatan yang lagi hangat dibahas dalam forum yang membahas informasi seputar pertanian tersebut.

Tak ayal lagi, forum pertanian Indonesia dimaksud telah lazim dimaknai sebagai salah satu tempat berkumpulnya para penggiat dan pemerhati segala industri agrobisnis pertanian, mulai dari petani maupun para pengusaha dari perusahaan agroteknologi modern.

Seo Forum Komunitas Pertanian Indonesia Online

Mengapa begitu berkembangnya forum-forum yang membahas tentang informasi pertanian di halaman hasil pencarian, khususnya halaman pertama google? Hal ini disebabkan membahas masalah yang berhubungan dengan dunia agraris tidak ada matinya dan peminatnya cenderung telah memanfaatkan dunia digital via internet yang semakin hari semakin canggih dan banyak penggunanya.

Sektor pertanian merupakan sektor yang mempunyai peranan strategis dalam struktur pembangunan perekonomian bruto nasional. Meskipun banyak pendapat yang mengatakan bahwa sektor ini merupakan sektor yang kurang mendapatkan perhatian secara serius dari pemerintah dalam program pembangunan bangsa.

Kurangnya perhatian pemerintah dapat dilihat dari mulai adanya proteksi, sulitnya pemberian kredit usaha, hingga kebijakan lain yang banyak tidak menguntungkan pada sektor ini. Disamping itu, adanya tujuan program pembangunan pertanian yang tidak terarah bahkan cenderung dimaknai semakin menjerumuskan sektor ini pada kehancuran.

Meski demikian sektor pertanian merupakan sektor yang sangat banyak menampung luapan tenaga kerja dan sebagian besar penduduk kita tergantung padanya, dapat perlakuan yang tidak adil masih saja dialami pada sektor ini. Nah, karena begitu tingginya serapan tenaga kerja telah menciptakan begitu banyak wadah-wadah komunitas pertanian Indonesia sebagai tempat berkumpulnya orang-orang pemerhati dan pelaku dunia pertanian, khususnya yang dipersatukan dalam komunitas pertanian secara online di dunia maya.

Bila dilihat dari perjalanan pembangunan pertanian Indonesia hingga saat ini, masih belum dapat menunjukkan hasil yang maksimal apalagi jika dilihat dari tingkat kesejahteraan para petani dan kontribusinya pada pendapatan nasional. Jadi, sebenarnya pembangunan pertanian di Indonesia haruslah dianggap penting dari keseluruhan pembangunan nasional.

Ada beberapa catatan penting yang hangat dibicarakan pada forum dan atau komunitas pertanian, dimana catatan dimaksud telah mendasari mengapa pembangunan pertanian di Indonesia mempunyai peranan penting dan strategis, antara lain:

Adanya potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang besar dan beragam;
Pangsa pasar terhadap pendapatan nasional yang masih cukup besar;
Masih terbuka dan besarnya pangsa terhadap ekspor nasional;
Besarnya jumlah penduduk Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian;
Perannya dalam penyediaan pangan masyarakat dan menjadi basis pertumbuhan di daerah pedesaan;

Melihat kondisi dan realitas diatas, dimana sebenarnya potensi pertanian Indonesia yang cukup besar dapat mensejahterakan rakyat, namun pada kenyataannya sampai saat ini sebagian besar dari petani kita masih banyak yang tergolong miskin. Hal ini mengindikasikan bahwasanya pemerintah pada masa lalu bukan saja kurang memberdayakan petani, tetapi juga terhadap sektor pertanian secara menyeluruh.

Pembangunan pertanian pada masa lalu mempunyai beberapa kelemahan, yakni:

hanya terfokus pada usaha tani semata;
lemahnya dukungan kebijakan makro;
serta pendekatannya yang sentralistik;

Akibatnya adanya kelemahan diatas, tak pelak lagi membuat usaha pertanian di Indonesia sampai saat ini masih banyak didominasi oleh usaha dengan:

(a) skala kecil;
(b) modal yang terbatas;
(c) penggunaan teknologi yang masih sederhana;
(d) sangat dipengaruhi oleh musim;
(e) wilayah pasarnya lokal;
(f) umumnya berusaha dengan tenaga kerja keluarga sehingga menyebabkan terjadinya involusi pertanian (pengangguran tersembunyi);
(g) akses terhadap kredit, teknologi dan pasar sangat rendah;
(h) pasar komoditi pertanian yang sifatnya mono/oligopsoni yang dikuasai oleh pedagang-pedagang besar sehingga terjadi eksploitasi harga yang merugikan petani;

Selain itu, masih ditambah lagi dengan permasalahan-permasalahan yang menghambat pembangunan pertanian di Indonesia, seperti:
adanya pembaruan agraria (konversi lahan pertanian menjadi lahan non pertanian) yang semakin tidak terkendali lagi;
kurangnya penyediaan benih bermutu bagi petani;
kelangkaan pupuk pada saat musim tanam datang;
swasembada beras yang tidak meningkatkan kesejahteraan petani dan kasus-kasus pelanggaran terhadap Hak Asasi Petani;
menuntut pemerintah untuk dapat lebih serius lagi dalam upaya penyelesaian masalah pertanian di Indonesia demi terwujudnya pembangunan pertanian Indonesia yang lebih maju demi tercapainya kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Harapan Pembangunan Pertanian Indonesia
Pembangunan pertanian di masa yang akan datang tidak hanya dihadapkan untuk memecahkan masalah-masalah di sektor pertanian semata, namun juga dihadapkan pada tantangan untuk menghadapi perubahan tatanan geopolitik di Indonesia yang mengarah pada era demokratisasi, yakni adanya tuntutan otonomi daerah dan pemberdayaan petani.

Seo Top Web Agroteknologi Pertanian dan Peternakan Indonesia

Disamping itu, sektor kebijakan pembangunan pertanian dihadapkan pula pada tantangan untuk mengantisipasi perubahan tatanan dunia yang mengarah pada globalisasi dunia internasional. Oleh karena itu, pengimplementasian pembangunan pertanian di Indonesia tidak saja dituntut untuk menghasilkan produk-produk pertanian, teknik aplikasinya dalam bentuk berlabel agroteknologi yang memiliki daya saing tinggi dan murah, namun juga harus mampu mengembangkan pertumbuhan daerah serta pemberdayaan masyarakat petani.

Adanya tantangan tersebut diatas, jelas menjadi sebuah kerja keras bagi kita semua apabila menginginkan pertanian kita dapat menjadi pendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat dan dapat menjadi motor penggerak pembangunan bangsa.

Pokok Pikiran Pengembangan Pertanian Indonesia
Terkait strategi dan pola pembangunan pertanian di Indonesia, khususnya dalam rangka pemanfaatan agrobisnis terbaru, ada beberapa pokok pikiran yang dapat dipergunakan dalam pengembangan pembangunan pertanian Indonesia kedepannya, yaitu sebagai berikut:

Pengptimalisasian berbagai program pertanian organik secara menyeluruh di Indonesia, serta menuntut adanya pemanfaatan lahan tidur untuk pertanian yang produktif dan ramah lingkungan;
Mengeluarkan regulasi konversi lahan dengan ditetapkannya kawasan lahan abadi yang eksistensinya dilindungi oleh undang-undang;
Adanya penguatan sistem kelembagaan tani dan pendidikan kepada petani, berupa program insentif usaha tani, program perbankan pertanian, pengembangan pasar dan jaringan pemasaran yang berpihak kepada petani, serta pengembangan industrialisasi yang berbasis pertanian dan/atau pedesaan, dan mempermudah akses-akses terhadap sumber-sumber informasi IPTEK;
Indonesia harus mampu keluar dari WTO dan segala bentuk perdagangan bebas dunia pada tahun 2014 dan MEA tahun 2015;
Perbaikan infrastruktur pertanian dan peningkatan teknologi tepat guna yang berwawasan pada konteks kearifan lokal serta pemanfaatan secara maksimal hasil-hasil penelitian ilmuwan lokal;
Mewujudkan kedaulatan pangan di Indonesia;
Peningkatan mutu dan kesejahteraan para penyuluh pertanian;
Membuat dan memberlakukan Undang-Undang perlindungan terhadap Hak Asasi Petani;
Memposisikan para pejabat dan petugas di setiap instansi maupun institusi pertanian dan perkebunan sesuai dengan bidang profesi keilmuannya masing-masing.
Mewujudkan segera reforma agraria Indonesia;
Perimbangan muatan informasi yang berkaitan dengan dunia pertanian serta penyusunan konsep jam tayang khusus untuk publikasi dunia pertanian di seluruh media massa yang ada;
Bimbingan lanjutan bagi lulusan bidang pertanian yang terintegrasi melalui penumbuhan wirausahawan dalam bidang pertanian (inkubator bisnis) berupa pelatihan dan pemagangan (retoling) yang berorientasi life skill, entrepreneurial skill dan kemandirian berusaha, program pendidikan dan pelatihan bagi generasi muda melalui kegiatan magang ke negara-negara dimana sektor pertaniannya telah berkembang maju, peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan menengah dan pendidikan tinggi pertanian, pengembangan program studi bidang pertanian yang mampu menarik generasi muda, serta program-program lain yang bertujuan untuk menggali potensi, minat, dan bakat generasi muda di bidang pertanian serta melahirkan generasi muda yang mempunyai sikap ilmiah, professional, kreatif, dan kepedulian sosial yang tinggi demi kemajuan pertanian Indonesia, seperti olimpiade pertanian, gerakan cinta pertanian pada anak, agriyouth camp, dan lain-lain;
Memberantas mafia-mafia di sektor pertanian;
Melibatkan seluruh stakeholder dalam program pembangunan pertanian melalui pelaksanaan bimbingan massal pertanian, peningkatan daya saing mahasiswa dalam kewirausahaan serta dana pendampingan untuk program–program pendidikan bagi para stakeholder;

Namun, hal yang tidak bisa dilupakan adalah masalah kesejahteraan petani dan keluarganya adalah merupakan tujuan utama yang menjadi skala prioritas dalam melakukan program apapun. Tentu hal ini tidak boleh hanya menguntungkan 1 (satu) golongan saja, namun diarahkan untuk mencapai pondasi yang kuat pada pembangunan nasional. Pembangunan adalah penciptaan sistem dan tata nilai yang lebih baik hingga terjadi keadilan dan tingkat kesejahteraan yang tinggi.

Pembangunan pertanian harus mengantisipasi tantangan demokratisasi dan globalisasi untuk dapat menciptakan sistem yang adil. Selain itu harus diarahkan untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, khususnya petani melalui pembangunan sistem pertanian dan usaha pertanian yang kuat dan mapan. Dimana sistem tersebut harus dapat berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan dan desentralistik.

Peran Seo Sebagai Media Siar Sektor Pertanian Indonesia
Perkembangan jaman telah menuntut berbagai forum dan juga komunitas apa saja untuk memanfaatkan era digitalisasi disegala bidang. Tidak ketinggalan forum pertanian ataupun komunitas para petani juga telah memanfaatkan media digital sebagai salah satu media siar agar dapat diketahui oleh khalayak ramai yang sedang mencari informasi pertanian melalui penggunaan internet.

Sebenarnya, kalau boleh jujur bahwa pangsa pasar yang potensial untuk mempromosikan produk-produk terbaru dari rekayasa teknologi pertanian adalah media internet. Mengapa? Karena jangkauan pasarnya tidak terbatas oleh ruang dan waktu maupun jiwa, dimana jangkauan yang kami maksud tidak hanya di nusantara saja melainkan juga keluar negeri.

Nah, karena begitu besarnya potensi pasar pertanian Indonesia, mengakibatkan banyak pelaku agrobisnis yang kepingin, apa yang dihasilkannya melalui berbagai ide dan inovasi produk agroteknologi  dapat terlihat di halaman 1 google? Mau tahu bagaimana caranya? Ya, cukup hanya dengan memanfaatkan daya gebrak seo pertanian secara maksimal via optimalisasi kinerja web atau situs pertanian anda. Apa sih sebenarnya seo itu? Seo yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization diartikan sebagai sebuah rangkaian memaksimalkan sebuah situs atau web agar bisa menduduki halaman 1 di halaman mesin pencari. Mesin pencari disini maksudnya tidak terbatas hanya mesin pencari yang dimiliki oleh google, melainkan juga mesin pencari milik yahoo, bing, baidu, msn, yandex, dll.

Sebagaimana dalam tulisan kami terdahulu yang membahas tentang "seo pertandingan sepak bola", telah sangat jelas diterangkan tentang manfaat dan juga peran strategis yang dapat dimainkan oleh seo (search engine optimization) dalam rangka untuk mempopulerkan sebuah web atau situs mendapatkan trafik pengunjung yang tanpa batas jumlahnya. Oleh karenanya, kami menganggap bahwasanya anda juga perlu membacanya agar dapat lebih mudah memahami manfaat seo tersebut bagi kelangsungan hidup dan perkembangan website anda untuk waktu yang akan datang.

Amat disayangkan, bila berbagai hasil pemikiran dan atau produk-produk yang anda ciptakan, khususnya pada sektor pertanian hanya merupakan pajangan yang tertuang atau hanya diketahui oleh para member forum-forum dan atau komunitas pertanian semata, tanpa pernah diketahui oleh pembaca lain diluar forum atau komunitas yang anda ikuti. Sehingga dengan kata lain, apa yang anda publikasikan tersebut menjadi sedikit hampa dan sepertinya kurang berharga sama sekali. Padahal apa yang anda publikasikan tersebut, sangat berguna bagi masyarakat petani Indonesia.

Memang harus diakui, bahwa saat ini telah terjadi pertumbuhan para pengguna situs atau web yang membatas tentang agroteknologi pertanian, peternakan, perkebunan dan juga holtikultura. Kondisi ini telah menciptakan tingginya tingkat persaingan sesama situs atau website di mata mesin pencari. Oleh karena itu, setiap pemilik dan atau pengelola situs atau web berupaya sekuat tenaga mencari cara dan strategi agar situs atau web-nya bisa dibaca banyak orang dan atau mendatangkan banyak trafik pengunjung. Itulah hal utama yang merupakan peran seo dalam sektor pertanian dan agroteknologi pertanian Indonesia.

Lalu bagaimanakah caranya memaksimalkan kinerja seo web pertanian Indonesia? Secara teori maupun praktek, seo yang lazim dipergunakan oleh para master seo Indonesia ada 2 (dua), yakni: seo onpage dan seo offpage. Seo onpage maksudnya adalah search engine optimization yang dimampukan agar lebih baik lagi dengan cara memperbaiki sisitem dari dalam web pertanian itu sendiri. Misalnya dengan memasang tools seo, mengisi header maupun deskripsi web, mengatur dengan baik tata letak atau design web, memperbaiki script-scrit yang kurang sempurna, menyisipkan berbagai tag pada gambar, video dan audio maupun konten tulisan, mendaftarkan web atau situs forum pertanian ke berbagai webmastertools mesin pencari, membuat dan mempublikasi berbagai konten tulisan tentang komunitas pertanian yang menarik dan bermanfaat bagi banyak orang (khususnya para petani), membuat internal link dalam berbagai konten yang dibuat, dan lain sebagainya.

Sedangkan seo offpage sangat lazim dimaknai dan atau dipergunakan oleh para ahli seo atau master seo Indonesia dengan cara mencari berbagai backlink berkualitas dan berdaya guna bagi pengembangan seo jangka panjang. Cara mencari backlink yang kami maksudkan adalah dengan cara share link konten artikel ke berbagai media sosial (facebook, twitter, instagram, line, BBM), rajin beramah tamah dengan blogwalking, share ke berbagai forum-forum penggiat dunia pertanian online (baik nasional maupun internasional), dan berbagai cara lainnya. Intinya adalah menyisipkan artikel link ataupun link home page forum atau komunitas pertanian anda ke berbagai web atau situs para sahabat blogger.

Penggunaan seo onpage dan seo offpage ini akan baik dan benar, tentu saja harus didukung dengan adanya ketekunan dan kesabaran dari sang pengelola, karena pada hakekatnya hasil dari penggunaan seo tidak bisa instant atau secepat kilat karena membutuhkan proses waktu yang cukup panjang, minimal estimasi waktunya adalah 3 (tiga) bulanan. Pertanyaannya apakah anda cukup sabar? Dan bagaimana cara anda menselaraskan antara seo dengan berbagai rekayasa ide dan penerapan teknologi dalam bidang agroteknologi pertanian Indonesia?

Sebenarnya mempelajari seo itu tidaklah sulit, sepanjang anda mau bersabar dan terus berkarya dengan membuat dan/atau menulis berbagai konten-konten yang menarik dan disukai oleh para petani yang menggunakan internet. Apalagi, saat ini para penyedia hosting berbayar maupun domain berbayar telah dibarengi dengan adanya pemanfaatan seo di dalam paket sistemnya. Adanya hal ini tentu akan memperingan kerja dan kinerja para pemilik atau pengelola situs forum pertanian Indonesia atau website komunitas pertanian Indonesia untuk menjadi seorang yang jago seo pertanian dan atau jago seo agroteknologi pertanian yang sesungguhnya. Apa anda tidak kepingin menjadi orang-orang yang memiliki keahlian khusus atau jago seo di Indonesia? Jawabannya kembali ke diri anda masing-masing. Hari gini gagal paham teknologi. Kasihan dehhh...